Pages

Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki. Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi. Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baik perlakuan, ia belajar keadilan. Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang & persahabatan, ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan

Sabtu, 16 April 2011

Bahasa Arab Menjadi Bahasa Kedua di Australia

SYDNEY - Australia bukanlah negara yang terletak di Timur Tengah, juga bukan negara yang warga Muslimnya terbesar, namun bahasa Arab menjadi bahasa yang banyak dipakai oleh anak muda di Australia. Hasil riset menunjukkan, satu dari delapan anak multilingual di Australia, menggunakan bahasa Arab di rumahnya.

Seperti dilansir AFP, Jum’at (15/4), The Australia Early Development Index melakukan penelitian terhadap 260 ribu anak sekolah pada tahun pertama sekolahnya, 18 persen dari anak-anak itu berbahasa Arab.

Bahasa Vietnam merupakan bahasa populer kedua setelah Arab yang digunakan oleh 8,4 persen, kemudian diikuti bahasa Yunani, China dan India yang kurang lebih digunakan oleh lima persen anak muda.

Padahal, jika diteliti tentang negara kelahiran warga Australia tersebut, maka Inggris, Selandia Baru, India dan Amerika Serikat menduduki peringjat teratas. Diikuti kemudian oleh Filiphina, China, Afrika Selatan, Korea Selatan dan Sri Lanka.

“Penduduk Australia merupakan salah satu populasi yang memiliki budaya dan bahasa yang beragam di dunia dan hal ini dapat dibuktikan dari hasil survei AEDI,” ujar seorang peneliti.

Sementara itu, anak-anak suku Aborigin yang berjumlah 4,8 persen dari populasi siswa Australia, hanya seperlima dari mereka yang berbicara dengan bahasa ibu mereka di rumah masing-masing. Kebanyakan bahasa pribumi digabungkan dengan bahasa Inggris. Hasil studi juga mengungkapkan, kurang dari 100 anak yang menggunakan bahasa pribumi.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...